Misteri Dan Fakta Tentang Lubang Hitam ( Black Hole )

Lubang hitam adalah bagian dari Ruang Waktu yang merupakan gravitasi paling kuat, bahkan cahaya tidak bisa kabur. Teori Relativitas Umum memprediksi bahwa butuh massa besar untuk menciptakan sebuah Lubang Hitam yang berada di Ruang Waktu. Di sekitar Lubang Hitam ada permukaan yang di sebut Event Horizon. 

Misteri Dan Fakta Tentang Lubang Hitam ( Black Hole )
Misteri Dan Fakta Tentang Lubang Hitam ( Black Hole )


 Lubang ini disebut "hitam" karena menyerap apapun yang berada disekitarnya dan tidak dapat kembali lagi, bahkan cahaya. Secara teoritis, lubang hitam dapat memliki ukuran apa pun, dari mikroskopik sampai ke ukuran alam raya yang dapat diamati. Teori Medan Quantum dalam Ruang-waktu melengkung memprediksi bahwa Event Horizon memancarkan radiasi disekitarnya dengan suhu yang terbatas. Suhu ini berbanding terbalik dengan massa Lubang hitam, sehingga sulit untuk diamati Lubang hitam bermassa bintang atau lebih.



Fakta Lubang Hitam ( BLACK HOLE )


  • Sebuah lubang hitam terbentuk ketika bintang adalah dari bahan bakar nuklir yang perlu ada. Tumbuh lebih kecil dan lebih kecil sampai runtuh karena beratnya sendiri.
  • Sementara sebagian besar bintang berakhir sebagai katai putih atau bintang neutron, lubang hitam adalah tahap evolusi terakhir di tahan dari bintang besar yang telah setidaknya 10 atau 15 kali massa matahari kita sendiri.
  • Matahari tidak akan dan tidak bisa menjadi lubang hitam. Hanya bintang dengan lebih massa dari Matahari dapat menjadi lubang hitam.
  • Jika seseorang jatuh ke dalam lubang hitam kaki mereka akan ditarik lebih cepat dari kepala mereka. Mereka akan membentang seperti sepotong spaghetti.
  • Menurut teori relativitas Einstein, tidak ada yang dapat melakukan perjalanan lebih cepat dari kecepatan cahaya. Oleh karena itu sekali sesuatu di dalam lubang hitam itu tidak pernah bisa keluar.
  • Lubang hitam tidak memancarkan cahaya karena tarikan gravitasi sangat kuat.
  • Planet, cahaya, dan materi lainnya harus melewati dekat dengan lubang hitam untuk ditarik ke cengkeramannya.
  • Lubang hitam dalam ukuran kecil, dan karena mereka begitu kecil, jauh, dan gelap, lubang hitam tidak dapat langsung diamati.
  • Lubang hitam yang berbentuk seperti bola dan mereka dapat berputar.


Asal-mula lubang hitam

Pada mulanya, bintang terbentuk dengan kondisi dimana tingkat radiasi dan gravitasinya seimbang. Seiring berprosesnya inti bintang, akhirnya intinya menjadi semakin berat. Dengan itu, maka gaya gravitasi pun semakin besar. Akhirnya, ketidakseimbangan terjadi. Darisana, maka bintangnya kolaps, dan kemudian mengalami ledakan supernova. Dalam ledakan ini, ada dua kemungkinan hasilnya. Salah satu diantaranya adalah lubang hitam.


Black Hole dalam Al Quran
Al Quran menyebutkan banyak fenomena alam raya dan benda-benda luar angkasa, bintang, planet, nama bintang, galaksi dan lain-lain. Sebelum mengklaim adanya fenomena black hole dalam Al-Quran, mari kita perhatikan ayat yang paling dekat untuk dikaji. Yakni di surat At-Takwir ayat 15-16.

“Aku bersumpah demi bintang tersembunyi. Yang bergerak cepat yang menyapu.”
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

GET UPDATE VIA EMAIL
Berlangganan Via Email

Delivered by FeedBurner

0 Response to "Misteri Dan Fakta Tentang Lubang Hitam ( Black Hole )"

Posting Komentar