5 Negara Maju Dengan Polusi Terbesar . . !!

Polusi ialah proses terjadinya pencemaran lingkungan yang berdampak pada menurunnya kualitas lingkungan serta gangguan kesehatan bagi makhluk hidup termasuk manusia.
Polusi terdiri atas pencemaran udara, air dan tanah. Akibat dari menyebarnya polusi ini, maka kualitas udara, air dan tanah bakal mengalami degradasi sehingga bakal mengancam kelestarian lingkungan. Masalah polusi ini kerap dialami berbagai negara termasuk negara-negara maju.


Hampir 90% manusia di dunia tinggal di negara-negara yang terpapar polusi udara dalam tingkat yang membahayakan. Demikian data mengkhawatirkan mengenai kualitas udara terbaru yang diterbitkan Badan Kesehatan PBB (WHO).


Data tersebut merupakan hasil pemantauan tingkat polusi udara di 1600 kota di 91 negara. Hasilnya menunjukan hanya 12% saja warga dunia yang tinggal di kota yang memenuhi syarat kelayakan kualitas udara yang ditetapkan oleh WHO.


Salah satu indikator untuk mengukur Pencemaran atau Polusi Udara adalah dengan mengukur kadar PM 2,5 yang terkandung dalam udara. PM adalah singkatan dari Particle Matter yaitu Partikel-partikel halus yang terdapat dalam udara sedangkan 2,5 merupakan ukuran dari partikel tersebut yaitu 2,5 mikron (2,5µm). Jadi pada dasarnya PM2,5 adalah partikel-partikel halus yang terkandung dalam udara atau lebih tepatnya adalah Polutan halus yang berbentuk partikel dalam udara dengan ukuran dibawah 2,5 mikron.


Polusi juga bisa terjadi di negara maju sekalipun. Bahkan negara-negara maju itu kerap menemui masalah dalam mengatasi masalah polusi. Berikut lima negara maju di dunia dengan tingkat polusi tertinggi di dunia :
 

1. Amerika Serikat (AS)

 

Negara berjuluk negeri Paman Sam ini menjadi negara maju dengan tingkat polusi tertinggi sekitar 5,4 miliar ton per tahunnya. Hal itu disebabkan oleh sebagai negara adikuasa yang dapat memengaruhi perekonomian dunia, menuntut AS untuk semakin memajukan industri negaranya.
Kondisi ini diperparah oleh kebijakan denda polusi di AS terhadap para industri yang melanggarnya terbilang rendah, yaitu sekira USD25 ribu. Nominal yang tentu sangat terjangkau bagi para kalangan industri besar kelas kakap.



2. China


China termasuk negara maju di Asia dengan kadar polusi yang juga tinggi. Sebab, tidak sedikit industri di belahan dunia melakukan investasi di negeri Tirai Bambu tersebut.
Banyak pakar memprediksi, pada tahun 2020 mendatang, China dapat menjelma sebagai negara terkuat di Asia menandingi AS dalam hal ekonomi dan teknologi.
Tercatat, tingkat polusi gas di China bisa mencapai 8,2 miliar ton setiap tahunnya. Memiliki penduduk kurang lebih 1,3 miliar jiwa tentu berimbas pada penghasilan polusi dari bahan bakar dengan level tinggi.


Artikel Lainnya
5 Tempat Serem Di Bandung Wanita Ini Melahirkan Di Motor ? Teori Hari Kiamat 17 Pelajar Hamil Bersamaan 5 Fakta Tentang Kapal Titanic 5 Fakta Dunia Yang Nyata Adanya Oksigen Di MARS


3. Rusia


Tingkat polusi di negara berjuluk Beruang Merah ini terbilang cukup tinggi yakni mencapai 1,7 miliar ton gas per tahun. Polusi tersebut meliputi 500 ton tembaga dan nikel, dua juta sulfur oksida yang dilepaskan ke udara. Kondisi inilah yang membuat kualitas hidup para pekerja di pabrik mengalami penurunan drastis imbas dari tingginya angka polusi tersebut.


4. Jepang


Jepang tercatat menghasilkan polusi cukup tinggi di dunia yakni sekitar 1,2 miliar ton CO2. Polusi yang dihasilkan negara Matahari Terbit itu berasal dari berbagai industri, perkotaan dan besarnya jumlah alat transportasi umum.
Namun, hingga saat ini pemerintah Jepang sedang giat-giatnya berupaya mengurangi polusi demi memelihara keseimbangan hidup para penduduknya.



5. Korea Selatan


Sumbner utama dari polusi di Korea Selatan ialah penyebaran minyak mentah sisa aktivitas industrial. Hal inilah yang menjadi pemicu pencemaran udara di negeri Ginseng. Bicara angka, level polusi udara di Korea Selatan telah menembus angka 563 juta ton per tahunnya.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

GET UPDATE VIA EMAIL
Berlangganan Via Email

Delivered by FeedBurner

0 Response to "5 Negara Maju Dengan Polusi Terbesar . . !! "

Posting Komentar